7 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di HP

cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di HP - Flashdisk menjadi perangkat penyimpanan eksternal yang murah, aman, serta mudah digunakan.Termasuk sebuah smartphone juga dapat menggunakan flashdisk sebagai tempat penyimpanan eksternal atau bisa juga dijadikan sebagai tempat backup-an data.

Akan tetapi, jika kamu ingin menghubungkan flashdisk ke sebuah smartphone, kamu harus menggunakan OTG agar smartphone dapat membaca semua isi yang ada di dalam sebuah flashdisk.

Namun, terkadang flashdisk tidak terbaca di hp. Padahal kita sebelumnya masih bisa mengakses file yang ada di dalam flashdisk tersebut dengan menggunakan OTG. Sehingga kita yang mengalami kendala seperti ini akan beranggapan bahwa flashdisk yang kita miliki telah rusak. Lalu setelah itu, niat untuk membeli flashdisk baru akan muncul.

Nah jika kamu mengalami hal seperti di atas tadi, jangan terburu-buru dulu untuk melakukan tindakan "Lem Biru". Saya punya beberapa solusi yang dapat kamu lakukan, sekaligus beberapa solusi yang saya rangkum juga dapat memastikan : "Apakah flashdisk yang saya miliki sudah harus diganti?".

FYI : Untuk kalian yang belum tau maksud dari "Lem Biru", jadi Lem Biru adalah singkatan dari "Lempar, beli yang baru" :v

 {tocify} $title={Daftar Isi}

Tapi sebelum kita lanjut ke bagian cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android atau cara memperbaiki otg yang rusak, apakah kamu tahu..

Apa yang dimaksud OTG pada HP?

Kabel OTG atau (On The Go) adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jenis USB yang berbeda. Seperti yang akan kali ini kita bahas adalah kabel OTG yang akan dihubungkan ke sebuah smartphone.

Umumnya, satu sisi memiliki port USB dan sisi lainnya adalah konektor untuk dihubungkan ke smartphone, ada yang dilengkapi dengan tipe micro usb dan ada juga yang memiliki tipe type c.

Namun terkadang setelah kita menghubungkan sebuah flashdisk dengan menggunakan OTG ke sebuah smartphone, flashdisk yang kita hubungkan tidak terbaca sama sekali. Berikut akan saya rangkum beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di HP.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di HP

1. Aktifkan OTG settings

cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android

Sebelum menghubungkan OTG flashdisk ke smartphone, hidupkan terlebih dahulu opsi OTG di bagian pengaturan ponsel. Jika opsi OTG tersebut tidak diaktifkan, maka flashdisk yang telah kamu hubungkan tidak akan terbaca.

2. Reboot atau Restart HP

Melakukan reboot atau restart HP, berguna untuk memulihkan kinerja sistem termasuk juga dengan RAM yang awalnya penuh dengan file cache/temporary, lalu setelah proses reboot selesai, kecepatan kinerja HP akan meningkat seperti pada saat HP baru dinyalakan.

Ternyata selain berfungsi untuk membersihkan kapasitas RAM, reboot juga dapat mengatasi segala proses yang mengalami crash baik itu pada saat membuka suatu aplikasi atau saat menggunakan perangkat keras seperti flashdisk.

3. Cek konektor USB OTG

cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android



cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android

Terdapat 2 jenis OTG yang berbeda, ada yang menggunakan kabel, dan ada juga yang tidak menggunakan kabel, hanya menyediakan port USB serta konektor HP saja.

Untuk jenis OTG yang masih menggunakan kabel, perlu dicek kondisi kabelnya apabila flashdisk yang dihubungkan melalui OTG ini tidak terbaca. Bisa saja kabelnya sering tertarik lalu kabel bagian dalamnya ada yang terputus.

Atau kamu juga bisa mencoba menghubungkan USB OTG ke perangkat lainnya, untuk mengetahui apakah OTG tersebut telah mengalami kerusakan atau tidak.

4. Bersihkan konektor OTG

Pastikan kondisi port USB serta konektor HP-nya dalam keadaan bersih. Dikarenakan debu atau kotoran lainnya yang hinggap di konektor hp, dapat mengganggu proses pembacaan data atau file. 

5. Cek flashdisk melalui komputer

cara memperbaiki flashdisk rusak dengan android

Jika flashdisk berhasil terdeteksi di komputer, maka penyebab flashdisk tidak terbaca di hp bukan dari flashdisknya, melainkan bisa dari interface OTG atau versi android yang digunakan belum mendukung USB OTG.

6. Gunakan OTG Troubleshooter di android

Untuk mengetahui masalah atau error yang ada di USB OTG, kamu bisa mendeteksinya menggunakan aplikasi OTG Troubleshooter di Android. Pada aplikasi ini OTG akan diuji, jika masalah tidak ditemukan maka tanda hijau akan muncul.

7. Ganti jenis file system flashdisk

Sebelum melakukan format flashdisk, backup terlebih dahulu file-file yang ada didalam flashdisk melalui komputer. Setelah itu klik kanan lalu cari menu Format.

Ganti file system dari NTFS menjadi FAT32, centang opsi "Quick format" lalu klik start. Tunggu prosesnya, jika sudah selesai, hubungkan flashdisk ke hp melalui USB OTG.

Apa penyebab flashdisk rusak atau tidak terbaca?

1. Kondisi konektor atau port USB kotor

Agar penggunaan USB tidak terganggu dan berjalan stabil, maka kita perlu menjaga kebersihan konektor dan port USB setiap ingin menggunakan konektor tersebut. 

Biasanya, debu yang hinggap di atas permukaan konektor memiliki dampak buruk seperti misalnya pada saat kita menggunakan flashdisk, lalu secara tiba-tiba flashdisk tersebut tidak terbaca. Jika hal itu sering terjadi, maka ada kemungkinan file yang ada di dalam flashdisk tersebut mengalami corrupt atau error.

2. Flashdisk yang digunakan bukan flashdisk original

Sering sekali saya melihat flashdisk dengan merek yang sama tapi harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan yang dijual di toko officialnya. Ditambah dengan tidak adanya garansi yang dapat melindungi data pengguna.

Sebaiknya sebelum kita membeli barang tersebut, kita perlu mengecek terlebih dahulu apakah itu palsu atau bukan. Namun lebih saya sarankan untuk membeli di toko officialnya yang sudah jelas kualitas serta garansinya pun tersedia. 

Gak masalah bayar lebih, yang penting file yang kita simpan di dalam flashdisk itu aman.

3. Adanya malwre 

Flashdisk adalah perangkat penyimpanan yang sering digunakan dalam berbagai jenis keperluan. Biasanya flashdisk dihubungkan ke berbagai perangkat mulai dari PC, laptop, hp, dan sebagainya.

Sebelum kamu menancapkan flashdisk ke sembarang perangkat, lakukan scan terlebih dahulu apakah di dalam perangkat tersebut ada program berbahaya atau tidak. Agar file yang ada di dalam flashdiskmu itu tidak terkontaminasi oleh vrus berbahaya.

Apakah kamu sudah mencoba semua cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di hp yang ada diatas tadi?. Semoga solusi yang saya berikan dapat mengatasi masalah flashdisk tidak terbaca di hp yang sedang kamu alami.

Oh iya, jika kamu ingin menanyakan sesuatu atau ingin memberi solusi lain, ketik di kolom komentar ya!

Rakha Gilang H.

I am a blogger who has an interest in the development of technology and entertainment.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama